Click here for Myspace Layouts

Bahasa Korea Part 5

[Ungkapan]

saranghamnida: aku cinta kamu
naneun dangsineul joahaeyo: aku suka kamu
nae yeojachin-guga doe-eojullaeyo?: maukah jadi pacarku? (diucapkan oleh pria kepada wanita)
nae namjachin-guga doe-eojullaeyo?: maukah jadi pacarku? (diucapkan oleh wanita kepada pria)
urin seoro cheonneune banaesseoyo: ini adalah cinta pada pandangan pertama.
geu buneul joahaji anseumnida: aku tidak suka orang itu
naneun dangsineul miwohaeyo: aku benci kamu
oneureun phigonhande jomswipsida: hari ini saya lelah, mari beristirahat
geu sarameul joahaeyo: saya suka orang itu
i kkochi aju gowayo: bunga ini sangat indah
geu yeojaneun yeppeoyo: perempuan itu cantik
geu namjaneun kyeopta: laki2 itu tampan
maeume deuseyo?: apakah kau menyukainya?
bae ga gophayo: perut saya lapar
hwaganayo: aku marah
gipeoyo: aku senang
uulhaeyo: aku stres
museowoyo: aku takut
bullanhaeyo: aku gugup
silmangieyo: aku kecewa
nollawoyo: aku terkejut
haengbokhaeyo: saya bahagia
bukeureowo: aku malu
silyehamnida: permisi
gwenchanayo/gwenchanseumnida: tidak apa apa
jeongmalyo: sungguh
josimhaseyo: hati-hati
mullonimnida: tentu saja
geuraeyo: oh begitu
matsseumnida: benar
theullimnida: salah
mwo hago isseumnika?: sedang apa?
eonje: kapan
eodi: dimana
geureojimaseyo: jangan begitu
eonjen-ga: suatu saat
waeyo: kenapa
ijeobeoriji maseyo: jangan lupa
eonjena: selalu
dowa deurilkeyo: akan saya bantu
jal gieokhaseyo: tolong di ingat dengan baik
gidariseyo: tunggu sebentar
amudo eopseoyo: tidak ada siapa2
jal haesseumnida: bagus
mianhaeyo/mianhamnida: aku minta maaf
jeosonghamnida: saya minta maaf
jalmot haeseo joesonghamnida: maaf, saya salah
narang sagwillaeyo: maukah berteman denganku?
uri he-eojyenseoyo: kami telah berpisah
mollayo: tidak tahu
uri gachi gapsida: ayo kita pergi bersama.
annyeonghi gaseyo: selamat jalan
annyeonghi gyeseyo: selamat tinggal
jumal jal bonaeseyo: selamat berakhir pekan
joheun haru doeseyo: selamat menikmati hari yg indah.



KATA-KATA CINTA


>>Deo nugubeoda neol saranghae(aku mencintaimu lbh dri siapapun)
>>Tangsineun nae yeoja chinguga doemnida?(maukah km menjdi pacrku?)
>>nan niga sireo(aku benci kamu)
>>nareul ijeo juseyeo(tlg lupakan aku)
>>>Doeun yorem nare geunuri dwejulkke (Di hari yang panas,aku akan menjadi bayanganmu )
>>Bi ounen nareun usani dwejulkke (Di hari yang hujan, aku akan menjadi payungmu)
>>Gottaga jichil ttaen jagun uijado dweljulkke (Ketika kamu lelah berjalan, aku bahkan akan menjadi kursimu)
>>>Yongwonhi noreul saengil igasumman pumgo sara geulkkoya (Aku akan hidup selamanya denganmu di hatiku)
>>>Oppa Saranghae, imal hatjima (kakak aku mencintaimu, jangan lupakan perkataanku ini)
>>>Jinan shiganeul semyeon apa woolji malgo. Jinan babo gateun sarang geuriweo malgo (Jangan menangis dalam kesakitan menghitung waktu yang berlalu.Jangan merindukan cinta bodoh yang sudah berlalu).
>>>Saranghae, saranghae. Hwanaedo gwaenchanha, yokhaedo gwaenchana. (aku mencintaimu, aku mencintaimu. Meskipun anda marah tidak apa-apa, meskipun anda memarahi saya tidak apa-apa).



[INFORMAL]
Hari ini sangat menyenangkan : oneul jeul geo wottseumnida/ oneul jeulgeo wotteoyo
atas: wi
bawah: arae/mit
smping: yeop
blakang: dwi
tngah: gaonde
sblah knan: oreunccok
sblah kiri: oinccok
hair designer: miyongsa
salon: miyongsil

#vocab
surat: pyeonji
krtu pos: yeopseo
amplop: bongtho
po. box: saseoham
air mail: hanggongupyeon
prngko: uphyo
demam;yeol
influenza;gamgi
sakit;apheuda
obat;yak
lelah;phigonha-da
istirahat;swi-da
cantik;yeoppeuda
indah;areumdamda
jelek;nappeuda
baik;jotda(joda)
populer:yumyeonghada
ramah;chinjeolhada
krng sopan;bulphilyohada
sedih;seulpheuda
bahagia;haengbokhada
bosan;simsimhada


kata ganti orang:

jeo: saya
na: aku
neo: kamu
dangsin: kamu, anda
neoheui: kalian (jamak)
geu: dia (laki2)
geunyeo: dia (perempuan)
uri: kami, kita
jeoheui: kami, kita (jamak)
geudeul: mereka
kata kerja: ireonada
bentuk formal: ireonamnida
bentuk non formal: ireonayo
arti: bangun tidur

kata kerja: jada
bentuk formal: jamnida
bentuk non formal: jayo
arti: tidur

kata kerja: meokda
bentuk formal: meokseumnida
bentuk non formal: meogeoyo
arti: makan

kata kerja: deutta
bentuk formal: deutseumnida
bentuk non formal: deureoyo
arti: mendengar

kata kerja: gongbuhada
bentuk formal: gongbuhamnida
bentuk non formal: gongbuhaeyo
arti: belajar
kata kerja: joahada
bentuk formal: joahamnida
bentuk non formal: joahaeyo
arti: menyukai

kata kerja: sireohada
bentuk formal: sireohamnida
bentuk non formal: sireohaeyo
arti: tidak menyukai

kata kerja: gidarida
bentuk formal: gidarimnida
bentuk non formal: gidaryeoyo
arti: menunggu

kata kerja: utta
bentuk formal: usseumnida
bentuk non formal: useoyo
arti: tertawa, tersenyum

kata kerja: ulda
bentuk formal: umnida
bentuk non formal: ureoyo
arti: menangis
kata kerja: mogyokhada
bentuk formal: mogyokhamnida
bentuk non formal: mogyokhaeyo
arti: mandi

kata kerja: saenggakhada
bentuk formal: saenggakhamnida
bentuk non formal: saenggakhaeyo
arti: berfikir

kata kerja: hwanada
bentuk formal: hwanamnida
bentuk non formal: hwanayo
arti: marah

kata kerja: saranghada
bentuk formal: saranghamnida
bentuk non formal: saranghaeyo
arti: mencintai

kata kerja: nalda
bentuk formal: namnida
bentuk non formal: narayo
arti: terbang
kata sifat: haengbokhada
bentuk formal: haengbokhamnida
bentuk non formal: haengbokhaeyo
arti: bahagia

kata sifat: seulpheuda
bentuk formal: seulpheumnida
bentuk non formal: seulpheoyo
arti: sedih

kata sifat: jiruhada
bentuk formal: jiruhamnida
bentuk non formal: jiruhaeyo
arti: membosankan


Silhkn msuk :
*pmerntah ada di dlm;deul eo o se yo
*pmerntah ada di luar;deul eo ga se yo



[Nama2 bgian tubuh]

*Meori : Kepala
*Eolgull : muka
*nun : mata
*ko : hidung
*gwi : telingga
*ip : mulut
*mok : leher
*pal : lengan
*duri : kaki
*eokkæ : bahu
*gaseum : dada
*Son : tangan
*sonkkarak : jari tangan
*bulkkarak : jari kaki
*bul : telapak kaki
*simjang : jantung
*gan : lever
*sunjang : ginjal
*wi : perut
*pye : paru2


[Sedang-Sambil]

A. Sedang (~go ittda)
ye : Saya sedang menulis surat
= jeoneun pyeonjireul sseugo itt seumnida
{jeo:saya
pyeonji:surat
sseu:tulis}

B. Sambil (eumyeonseo/myeonseo)
*eumyeonseo digunakan bagi yang berakhiran huruf konsonan kecuali "rieul"
*myeonseo digunakan bagi yang berakhiran huruf vokal & huruf konsonan rieul

ye : Saya sedang nonton TV sambil makan roti
= jeoneun ppangreul meok myeonseo thellebijeoneul bogoittda
*jeo : saya
*ppang : roti
*meok : makan
*thellebijeon : TV
*bo : tonton/lihat


[Bersama Dengan]


~wa/~gwa gath i/ ~hamkke

ye : Saya ingin belajar bersama dengan guru
=jeoneun seonsaengnim hamkke gongbuhago siphseumnida
ket:
*jeo ; saya
*seonsaeng ; guru
*hamkke ; bersama
*gongbuha ; belajar
*go sipho ; ingin



1.Saat berjumpa > [an][nyeong][ha][sim][ni][ka] atau lebih akrab > [an][nyeong][ha][se][yo]=>salam ini bsa dgnakan untk mnytakan slamat, baik pagi,siang, sore ataupun malam. dan diucap di awal perjumpaan pada hari itu. satu hari cukup sekali saja.
Untuk tman sejawat atau ke yg lbih rendah bsa hnya dktakan "[an][nyeong]", namun klau tdk akrb benar tetap gunakan"[an][nyeong][ha][se][yo].
[cheo][eum][boep][sem][ni][da] > bisa dimaknai "Apa kabar" bisa juga [man][na][seo][ban][gap][sem][ni][da] atau [man][na][seo][ban][ga][weo][yo]

2.Saat jumpa setelah lama tak bertemu > "[orae][ma][ni][ye][yo]" : "Lama tak berjumpa dg anda". ([jal][ji][nae][syeos][seo][yo] menanyakan kabar"baik2 sajakn.."
karena yg diingkn jwban "[Jal][ji][nae][yo]" yaitu "baik2 saja".
eotteoh-ge dangsin isseubnida"bagaiman kabarkamu"
cheoeum doepseumnida=apa kabar
oraemaniyeyo=lama tdk brjmpa dg anda
jal janesyeosseoyo=baik-baik saja kan..?

3.Bertemu waktu pagi > [an][nyeong][hi][ju][mus][yeot][seum][ni][ka] ungkapan "apakah tidur anda nyenyak..?" ini merupakan prtnyaan slamt tidur,maaf harus'nya itu hrus'nya pertnyaan slmt Pagi. -Joheun achimieyo"Selamat pagi".

4.Salam waktu malam > [an][nyeong][hi][ju[mu][se][yo] "Slmt Tidur" sdngkn bla diucpkn kpda atau seorng yg akrb dg kta "Jalja" atau "joheun kkum kwoe"(slamt mlm)


#kosakata bakor

deo : lagi
geosda : akan
hansang : selalu
geunyoneun : dia
gegeot : itu
yeong-gam: inspirasi
saengmyeong : hidup
haneun : untuk
cheomdan : maju
joah: baik
balghyeo : ternyata
silmang : kecewa
gateun : sama
eobsi : tanpa
sipjianha : tak akan/tak bisa
boda: melihat
geu/i geot : ini
hajiman : jangan
seongnan : marah

2 komentar:

  1. thx ya udah mau bagi2 ilmu.. :D :)

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak saya ucapkan kepada MBAH JAMBRONG atas bantuannya yang telah memberikan saya angka jitunya yaitu "4d" kemarin alhamdulillah saya berhasil,berkat bantuan MBAH saya suda bisa melunasi semua Hutang2 saya di BANK bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi anda ingin seperti saya silahkan HUBUNGI(_0_8_5_2_5_6_0_0_4_3_4_5). Atau Klik http://www.totomalaysia.net/ ritual MBAH JAMBRONG..

    BalasHapus